Pages

PARIWISATA ACEH


Keindahan Pariwisata Aceh Melalui Pantai Lampuuk



   
        Aceh tak hanya Pulau Weh-nya saja yang terkenal. Di provinsi paling ujung Pulau Sumatera ini memiliki beragam pantainya yang cukup menawan, salah satunya adalah Pantai Lampuuk. Kawasan Wisata pantai Lampuuk mulai terkenal di tahun 1990-an. Pantai Lampuuk, merupakan pantai alami dengan pasir putih yang membentang lua dan teluknya yang indah, lengkap dengan beragam karang dan biota lautnya. Saat ini, Pantai Lampuuk bukan hanya digunakan untuk berenang, namun banyak warga, turis lokal maupun turis asing tentunya yang menggunakannya untuk surfing. Bahkan berbagai fasilitas permainan yang tadinya tidak ada, sekarang sudah ada, seperti banana boat.
          

         Selain itu, di Pantai Lampuuk ini juga terdapat gua yang sangat indah yang dapat dimasuki wisatawan. Jika Anda hobi berselancar juga sangat cocok di pantai ini karena ombaknya yang besar dan bersahabat. Dengan semakin banyaknya pengunjung, kini Pantai Lampuuk juga telah dilengkapi dengan beragam fasilitas. Di sekitar pantai ini kini terdapat warung-warung, cottege, lapangan bola, mushala, dan tempat camping.

         Jika Anda berminat ke kawasan ini, maka  jarak tempuhnya sekitar 18 km dari pusat kota Banda Aceh, atau sekitar 20 - 45 menit kearah Meulaboh. Menuju kawasan Pantai Lampuuk dapat dicapai dengan menggunakan mobil pribadi maupun angkutan umum. Pantai Lampuuk yang memanjang dari utara ke selatan, mempunyai pantai dengan pasir putih dan terletak di teluk, sehingga tempat ini sangat cocok sebagai area rekreasi pantai, baik untuk berenang maupun sekedar menikmati suasana pantai yang indah. Pantai ini juga cocok untuk melakukan aktivitas rekreasi air seperti banana boat dan olahraga surfing, karena ombaknya yang besar dan bersahabat.
         Bagian Pantai Lampuuk yang paling ujung meninggalkan eksotisme tersendiri yang berbatasan langsung dengan dinding terjal dan tinggi. Birunya air laut berpadu dengan birunya langit, dan hijaunya pepohonan yang terdapat di atas bukit terjal semakin menambah keindahan pantai ini, terutama jika dinikmati pada sore hari atau pada saat matahari terbenam. Oleh karena itulah, banyak pula yang menyebut Pantai Lampuuk ini sebagai Bali-nya orang Aceh. Selain itu, banyak pula turis asing yang berkunjung ke tempat ini.
         Di lokasi ini juga terdapat fasilitas seperti toilet umum, warung makan, maupun penginapan-penginapan (cottage) yang terdapat di sekitar pantai Lampuuk. Di dekat pantai ini juga terdapat sebuah masjid megah berwarna putih, yang merupakan satu-satunya bangunan yang masih utuh ketika terjadi tsunami tahun 2006 yang lalu, dan ditetapkan oleh pemerintah sebagai monumen tragedi tsunami. Masjid ini juga satu kompleks dengan perumahan pasca tsunami yang dibangun sebagai salah satu bentuk bantuan dari pemerintah Turki. 
        Lampu’uk merupakan kawasan Wisata pantai Lampuuk yang terkenal dengan pantai alami pasir putih yang membentang dan teluk indah dengan pasir putih serta pantai dengan karang dan biota lautnya. Jarak pantai lampuuk sekitar 18 km dari pusat kota Banda Aceh menuju barat (arah jalanMeulaboh) perjalanan 20 - 45 menit. Ada jalan alternatif kelampuuk yaitu memotong lewat gampong Lamlhom di daerah Tanjong sekitar 8 Km dari kota Banda Aceh diutamakan untuk yang sudah mengenaljalan dan ingin mendapatkan pemandangan berbeda.
Pada akhir pekan atau hari libur banyak pengunjung yang datang untuk rekreasi. Staf Khusus organisasi non-pemerintah (LSM) internasional yang bertugas di Aceh, banyak dari mereka bersantai berselancar dan berlayar. Selain itu, informasi yang dibutuhkan oleh para pengunjung merupakan zona terlarang untuk aktivitas berenang, karena pusaran gelombang yang terlalu berbahaya.

6 komentar:

Unknown mengatakan...

kalo ini nyah bisa nyaingin bali, hehe..

Unknown mengatakan...

cantik banget pemandangannya alam di aceh..

shanty mengatakan...

indah, keindahan pantainya pada pasirnya putih

Unknown mengatakan...

luar biasa pemandangan alamnya..

Unknown mengatakan...

airnya masi bersih, pasirnya masi putih, indah banget pemandangan, bsa untuk refreshing..

Unknown mengatakan...

mantap, ada bungalow nya jga..

Copyright 2009 PARIWISATA ACEH DAN KERAJINAN TANGAN INDONESIA. All rights reserved.
Free WPThemes presented by Leather luggage, Las Vegas Travel coded by EZwpthemes.
Bloggerized by Miss Dothy