Pages

KERAJINAN TANGAN KHAS INDONESIA






KERAJINAN BATOK KELAPA





Pohon kelapa yang menjadi simbol pramuka memang benar-benar memiliki manfaat yang banyak. Hampir seluruh bagian dapat dimanfaatkan mulai dari batang, akar, daun, hingga batok kelapa atau tempurung kelapa. Batang kelapa biasa digunakan untuk penyangga atap rumah, sangat kuat dan tahan lama, daunnya bisa digunakan untuk membuat ketupat dan tulang daunnya bisa digunakan untuk membuat sapu lidi. Apa lagi buahnya yang mengandung banyak mineral yang bermanfaat bagi tubuh kita.
Batok kelapa dimanfaatkan oleh orang-orang kreatif sebagai bahan baku kerajinan yang berguna dan memiliki nilai jual tinggi. Bentuknya yang cokelat kehitaman secara alami memiliki nilai seni yang tinggi, hanya perlu sentuhan-sentuhan kreatifitas, maka batok kelapa dapat dijadikan bermacam-macam kerajinan, seperti gayuh, pigura, nampan, asbak, tempat tisu, pin dan aksesoris lainnya, bahkan bisa dibuat tas.
Banyak pengrajin yang memfokuskan membuat kerajinan batok kelapa khusus dengan bahan baku batok kelapa. Selain modal yang tidak terlalu tinggi, cara pembuatan kerajinan juga relatif mudah dan tidak memakan waktu yang cukup lama. Jika anda sedang bingung memikirkan bisnis apa ya yang cocok, kerjajinan batok kelapa bisa menjadi pilihan bisnis yang menguntungkan bagi anda. Minat pasar juga semakin tinggi dengan aneka kerajinan dari batok kelapa karena harganya relatif terjangkau dan memiliki nilai seni yang tinggi, sangat khas dan berbeda dari kerajinan lainnya.


5 komentar:

Unknown mengatakan...

wowwww....
sisi lain dari batok kelapa bsa d daur ulang menjadi tas yang unik dan terlihat mewah..

Unknown mengatakan...

wahhhh... unik banget tu tas...
gak terlihat seperti batok kelapa..

shanty mengatakan...

cantik ya.. kreatif banget yang buatnya nie.. tingkatkan lagi kreatifitasnya nie biar lebih d kenal d pasaran, hehe

Unknown mengatakan...

bagus banget tasnya, cocok untuk jalan2

Unknown mengatakan...

bagus, model2 yang lain jga pasti akan bagus kalo punya kreasi begini..

Copyright 2009 PARIWISATA ACEH DAN KERAJINAN TANGAN INDONESIA. All rights reserved.
Free WPThemes presented by Leather luggage, Las Vegas Travel coded by EZwpthemes.
Bloggerized by Miss Dothy