Pages

PARIWISATA ACEH



Pulau Rubiah

Pulau Rubiah adalah sebuah pulau di ujung Barat Indonesia dan masuk dalam Provinsi Nangroe Aceh Darussalam. Pulau ini terletak sekitar 350 meter dari Pantai Iboih. Pulau Rubiah dulunya merupakan asrama bagi jamaah haji sebelum diberangkatkan ke Makkah. Namun, saat ini sudah menjadi daerah tujuan wisata karena memiliki taman laut yang begitu indah. Taman laut ini dikenal dengan sebutan Taman Laut Rubiah (Sea Garden of Rubiah). Luasnya kira-kira mencapai 2.600 Ha.
Taman Laut Rubiah terletak sekitar 23,5 km sebelah barat kota Sabang, dapat dicapai melalui darat, atau sekitar 7 km dengan menggunakan perahu boat. Pemerintah Indonesia telah menentukan daerah perairan ini, sekitar 2600 hektar sekitar pulau Rubiah sebagai daerah special nature reserve. Terletak di teluk Sabang, dimana air disini relatif tenang dan sangat jernih (25 m visibility) laut disini diisi oleh bermacam trumbu karang dan ikan bermacam warna. Dapat ditemukan gigantic clams, angel fish, school of parrot fish, lion fish, sea fans, dan banyak lagi. Bagi penggemar snorkel berpengalaman, Octopus dan Stingrays dapat dilihat disini. 




Rubiah adalah pulau yang tidak berpenghuni. Meskipun tidak berpenghuni, setiap harinya Pulau Rubiah selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan, baik lokal maupun asing. Mulai dari yang sekadar bermain di pantai, mengisi perut setelah seharian lelah snorkeling/diving, atau pun yang sekadar singgah demi mengelilingi pulau ini. Yang pasti, keindahan pulau ini, terutama taman lautnya, sudah diakui oleh banyak wisatawan asing. 
Berjemur sinar matahari di pantai dengan pasir yang halus dan putih dapat dilakukan pada pantai yang berseberangan. Tempat ini merupakan surganya turis penggemar snorkel dan selam.Terumbu karang hanya berjarak sekitar 5 meter dari tepi pantai berpasir. Ada banyak kegiatan yang bisa turis lakukan saat traveling ke sini, seperti snorkeling, diving, atau berkeliling dengan perahu kaca. Jika berniat untuk snorkeling ataupun diving, Anda bisa menyewa alat snorkeling dengan tarif Rp 40.000/hari. Turis juga bisa berkeliling menggunakan perahu sewa dengan tarif Rp 150.000 untuk beberapa jam saja. Namun, jika sekadar ingin mengelilingi Pulau Rubiah, Anda bisa menyewa (glass bottom boat) dengan tarif Rp 300.000 untuk sekali jalan, perahu ini berkapasitas 10-12 orang. 

5 komentar:

Unknown mengatakan...

kayaknya bagus tempatnya buat snorkling..
sayang banget tu kalo gak dilestariin..

shanty mengatakan...

cantik banget...

Unknown mengatakan...

mantap!!!perlu dikunjungi tempatnya ni

Unknown mengatakan...

pengen liat taman lautnya deh, pemandangannya aja indah banget..

Unknown mengatakan...

cantik banget taman lautnya..

Copyright 2009 PARIWISATA ACEH DAN KERAJINAN TANGAN INDONESIA. All rights reserved.
Free WPThemes presented by Leather luggage, Las Vegas Travel coded by EZwpthemes.
Bloggerized by Miss Dothy